Banjarbaru Jum’at (17 Agustus 2018) Upacara peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke 73 tahun 2018 dilaksanakan di Lapangan Murjani depan Balai Kota Banjarbaru. Walikota Banjarbaru H Nadjmi Adhani yang menjadi Inspektur Upacara Pengibaran Sang Merah Putih. Pasukan Paskibraka Kota Banjarbaru yang terpilih untuk mengibarkan Sang Merah Putih  ini telah berlatih ± selama tiga puluh hari dan telah di kukuhkan oleh Walikota Banjarbaru H Nadjmi Adhani. Tampak hadir pula pada upacara peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI dilaksanakan di Lapangan Murjani depan Balai Kota Banjarbaru, Ketua DPRD Kota Banjarbaru H AR Iwansyah, Wakil Walikota Banjarbaru Darmawan Jaya Setiawan, Sekdako Banjarbaru Drs H Said Abdullah MSi, FKPD Kota Banjarbaru, SKPD Kota Banjarbaru, para veteran serta undangan lainnya.

Pada upacara peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI dilaksanakan di Lapangan Murjani depan Balai Kota Banjarbaru, terpilih sebagai pembawa baki bendera adalah Adisya Putri Suciptu dari SMAN 2 Banjarbaru, upacara peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke 73 berjalan hidmad dan banyak masyarakat sekitar yang ikut menyaksikan Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke 73 tahun 2018 di Lapangan Murjani juga ikut memberikan penghormatannya kepada sang merah putih saat dikibarkan.

Upacara peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI dilaksanakan di Lapangan Murjani depan Balai Kota Banjarbaru dimulai dengan bunyi sirene selama sekitar satu menit. Setelah suara sirene tersebut berhenti, Ketua DPRD Kota Banjarbaru, H AR Iwansyah  membacakan Naskah Proklamasi, seperti apa yang di bacakan Presiden Soekarno 73 tahun lalu di hadapan ratusan peserta upacara yang terdiri dari anggota TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, Basarnas, PNS, mahasiswa, Pelajar, dan lainnya.

“Pengibaran bendera merupakan simbol rasa nasionalisme kita, tapi tidak cukup hanya mengibarkan bendera saja. Harus ada keyakinan yang kuat dalam diri bahwa kita merupakan bagian dari bangsa Indonesia, dan bagaimana kita kaum muda untuk meneruskan perjuangan agar Indonesia menjadi semakin baik lagi”.  Selain pengibaran bendera, peringatan HUT RI ke 73 di Kota Banjarbaru  juga di meriahkan dengan parade baris berbaris dari Pagar Banua Satria Nusantara dan paduan suara yang menyanyikan lagu-lagu perjuangan.

Pada kesempatan itu Walikota Banjarbaru H Nadjmi Adhani didampingi Wakil Walikota Banjarabaru,  saat menyerahkan piagam serta Satya Lencana, 30 tahun, 20 tahun dan 10 tahun, sopir teladan dan perhargaan kepada Kelurahan Guntung Paikat sebagai juara I terbaik di tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2018.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *