Penilaian Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS)

Banjarbaru Sabtu (09 Desember 2017) Wakil Walikota Banjarbaru H Darmawan Jaya Setiawan didampingi Wakil Ketua I TP PKK Kota Banjarbaru Hj Eny Apriyati Darmawan Jaya dan Ketua Gatriwara Kota Banjarbaru Hj Nahdatun Nusrah Iwansyah saat menghadiri acara penilaian lomba Lingkungan Bersih dan Sehat(LBS) Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2017, bertempat di Komplek Wengga Abadi I RT.06, RW 02 Kelurahan Syamsudin Noor, Kecamatan Landasan Ulin. Tampak Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Disdalduk KB PMP dan PA Kota Banjarbaru, Camat Landasan Ulin, dan Lurah se Kecamatan Landasan Ulin, Ketua TP PKK Kecamatan Landasan Ulin dan Ketua TP PKK Kelurahan Syamsudin Noor serta undangan lainnya.

Wakil Walikota Banjarbaru H Darmawan Jaya Setiawan menginformasikan bahwa Komplek Wengga Abadi I RT.06, RW 02 Kelurahan Syamsudin Noor, Kecamatan Landasan Ulin terpilih menjadi wakil dari Kota Banjarbaru untuk mengikuti lomba Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun2017. Karena lingkungan adalah kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam, serta flora dan fauna yang tumbuh di darat maupun di dalam laut. Lingkungan terdiri dari dua komponen biotik dan abiotik. Lingkungan Bersih dan Sehat adalah upaya untuk menciptakan kondisi bersih dan sehat di dalam rumah dan lingkungan sekitar rumah.

Kesehatan lingkungan hakekatnya adalah suatu kondisi atau keadaan lingkungan yang optimum sehingga berpengaruh positif terhadap terwujudnya suatu keadaan yang optimal. Menjaga lingkungan yang bersih dan sehat merupakan suatu upaya pencegahan penyakit berbagai gangguan kesehatan, khususnya penyakit-penyakit berbasis lingkungan yang tidak bersih dan sehat seperti diare, filiriasis, tb paru, infeksi saluran pernapasan atas, malaria, DBD, dan penyakit berbasis lingkungan lainnya.

Keberhasilan Komplek Wengga Abadi I ini, tentunya tidak terlepas dari keberhasilannya meningkatkan partisipasi dan swadaya warga dalam meningkatkan kualitas lingkungannya. Karena sejatinya, lomba Lingkungan Bersih dan Sehat, tidak hanya ditujukan untuk meraih hasil akhir lomba, tetapi jauh lebih penting dari itu adalah harapan tercipatnya kebersamaan dan kepedulian masyarakat yang bersinergi dengan aparatur pemerintah yang berkesinambungan. Kegiatan lomba Lingkungan Bersih dan Sehat ini merupakan salah satu upaya kita untuk memotivasi dan mengukur kepedulian masyarakat terhadap kualitas lingkungannya.

Pemerintah Kota patut berbangga, karena apa yang menjadi tujuan, telah dicapai oleh warga Komplek Wengga Abadi I RT.06, RW 02 Kelurahan Syamsudin Noor, sehingga mampu mewakili Kota Banjarbaru pada lomba Lingkungan Bersih dan Sehat Tingkat Propinsi tahun 2017. H Darmawan Jaya Setiawan menyampaikan penghargaan yang tinggi sekaligus rasa bangga kepada Lurah Syamsudin Noor, Camat Kecamatan Landasan Ulin beserta jajarannya, Tim PKK dan LPM, forum RT/RW, dan semua warga omplek Wengga Abadi I RT.06, RW 02 Kelurahan Syamsudin Noor, atas dedikasi, kerjasama dan kerja kerasnya dalam meningkatkan kualitas kebersihan dan kesehatan lingkungannya.

H Darmawan Jaya Setiawan berharap semangat kepedulian dan kebersamaan saudara-saudara ini hendaknya dapat terus digelorakan dari waktu ke waktu dan mampu menjadi contoh yang baik dan menginspirasi warga lainnya. Dan semoga Komplek Wengga Abadi I RT.06, RW 02 Kelurahan Syamsudin Noor, dapat meraih prestasi terbaiknya pada lomba Lingkungan Bersih dan Sehat Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2017. Kepada tim penilai lomba, H Darmawan Jaya Setiawanpersilahkan untuk memberikan penilaian yang obyektif.

Sekretaris PKK Provinsi Kalsel  selaku Ketua tim penilai Hj Juairiah menyampaikan bahwa maksud dari kedatangannya bersama rombongan di komplek wengga I adalah untuk memprepikasi data-data yang disampaikan kepada Pemerintah Provinsi Kalsel untuk mengikuti lomba Lingkungan Bersih Sehat Tingkat Provinsi Kalsel. Hj Juairiah memberitahukan bahwa Kabupaten/Kota hanya boleh  satu kategori lomba saja pada tingkat nasional nantinya, yang boleh diikuti, misalnya posyandu atau lomba LBS dan lainnya.

Surahman menyampaikan ekspose LBS di Komplek Wangga Abadi I RT 06 RW 02 Kelurahan Syamsudin Noor Kecamatan Landasan Ulin Banjarbaru dihadapan para Tim penilai.

Pada kesempatan itu Wakil Ketua I TP PKK Kota Banjarbaru dan Ketua Gatriwara Kota Banjarbaru mendampingi para tim penilai Lingkungan Bersih Sehat memutari kawasan Komplek Wangga Abadi I RT 06 RW 02 Kelurahan Syamsudin Noor Kecamatan Landasan Ulin Banjarbaru.