Pencanangan Kampung Pelangi

Banjarbaru Sabtu (15 April 2017) Walikota Banjarbaru H Nadjmi Adhani didampingi isteri Hj Ririen Nadjmi Adhani saat menghadiri kegiatan senam pagi bersama masyarakat Kecamatan Banjarbaru Selatan sekaligus Pencanangan Kampung Pelangi di sepanjang bantaran sungai Kemuning Banjarbaru. Tampak Wakil Walikota Banjarbaru Darmawan Jaya Setiawan, Sekda Kota Banjarbaru Drs H Said Abdullah MSi, Ketua DPRD Banjarbaru H AR Iwansyah beserta Isteri, Camat Banjarbaru Selatan Drs Abdul Basid, Lurah se Kecamatan Banjarbaru Selatan, jajaran Kepala SOPD Kota Banjarbaru, tokoh masyarakat serta masyarakat sekitar bantaran sungai Kemuning Banjarbaru.

Usai kegiatan senam pagi Banjarbaru Selatan Drs Abdul Basid menyampaikan bahwa ini adalah salah satu inovasi yang ditonjolkan oleh Kecamatan Banjarbaru Selatan yaitu kawasan Kampung Pelangi, sesuai dengan Tagline Banjarbaru Berubah. Selatan Drs Abdul Basid mengatakan ada sebanyak ± 238 buah rumah di sepanjang bantaran sungai Kemuning Banjarbaru yang akan di cat warna-warni.

Walikota Banjarbaru H Nadjmi Adhani mengatakan bahwa pada peringatan  Hari Jadi tahun ini mengangkat tema “ Bulatkan Tekad, Satukan Semangat untuk membangun satu tujuan membangun Banjarbaru yang berubah lebih baik”. Segala macam pelayanan di lingkungan Dinas sudah mulai berubah lebih baik dalam memberikan pelayanan. Walikota juga menyampaikan tidak hanya Dinas-Dinas yang berubah tapi juga Kecamatan dan Kelurahan juga diminta untuk melakukan perubahan, seperti di Kelurahan Palam ada kampung Purun, dan hari ini di Kecamatan Banjarbaru Selatan ada Kampung Pelangi dan Juga ada Kampung Ikan di Kelurahan Mentaos Kecamatan Banjarbaru Utara yang juga diresmiakan pada hari ini.

Kampung pelangi adalah program dari Pemerintah Kota Banjarbaru untuk menyulap kawasan perkampungan di sekitar sungai kemuning berwarna warni seperti pelangi. Hal ini sebagai bagian dari upaya Pemerintah Kota Banjarbaru merevitalisasi sungai kemuning agar kembali memberi manfaat terutama bagi warga sekitar. Setelah Pemerintah Kota Banjarbaru melakukan perbaikan dan memasang siring, membangun jalur pedestrian yang ramah lingkungan, kini Pemerintah Kota Banjarbaru bekerjasama dengan masyarakat di Kecamatan Banjarbaru Selatan melakukan pengecatan rumah warga dengan warna-warna cerah, kedepannya juga akan dipasang fasilitas fitness outdoor.

Semua ini tak lepas dari upaya Pemerintah Kota Banjarbaru untuk memberikan perhatian pada seluruh lapisan masyarakat. Dimana Pemerintah Kota Banjarbaru berupaya agar setiap kelurahan mempunyai keunggulan dan kecirikhasan masing-masing sehingga menjadi magnet yang dapat menarik wisatawan untuk datang dan menikmati Kota Banjarbaru tercinta ini. Selain itu, revitalisasi sungai kemuning ini juga merupakan salah satu wujud konkret partisipasi pemerintah bersama-sama masyarakat dalam rangka memberikan makna pada beberapa aspek pelestarian lingkungan. Untuk itu H Nadjmi Adhani berharap kegiatan ini dapat meningkatkan perhatian dan kepedulian kita terhadap lingkungan.

Pada kesempatan itu Walikota, Waki Walikota, Ketua DPRD dan Sekda Kota Banjarbaru melakukan pengecatan salah satu rumah dengan warna-warni. Hj Ririen Nadjmi Adhani dan Hj Diyah Iwansyah juga menyempatkan berfoto dan selfi di kawasan Kampung Pelangi yang sudah di cat warna-warni.