Lomba Cipta Menu Pangan Lokal (Non Beras)

Banjarbaru Selasa (18 April 2017) Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj  Ririen Nadjmi Adhani didampingi Wakil Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Eny Apriyati Darmawan Jaya, Ketua Gatriwara Kota Banjarbaru Hj Diyah Iwansyah saat menghadiri sekaligus menjadi juri pada “ Lomba Cipta Menu Pangan Lokal (Non Beras) Dalam Rangka Memperingati Hari Jadi Kota Banjarbaru ke 18 tahun 2017 di Kelurahan Kemuning Banjarbaru. Tampak Kabid Ketahanan Pangan Ir Hj Emy Mariyani MM, Ketua TP PKK Kecamatan Banjarbaru Selatan Indah Abdul Basid dan Ketua TP PKK Kelurahan Kemuning Nurul Hidayah.

Ketua TP PKK Kelurahan Kemuning Nurul Hidayah mengucapkan terimakasih atas kesediaan Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj  Ririen Nadjmi Adhani didampingi Wakil Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Eny Apriyati Darmawan Jaya, Ketua Gatriwara Kota Banjarbaru Hj Diyah Iwansyah berhadir di Kelurahan Kemuning untuk menjadi juri pada Lomba Cipta Menu Pangan Lokal (Non Beras) Dalam Rangka Memperingati Hari Jadi Kota Banjarbaru ke 18 tahun 2017. Nurul Hidayah mengatakan bahwa tujuan lomba adalah untuk memasyarakatkan pangan non beras non terigu serta untuk mengurangi ketergantungan terhadap beras sebagai bahan pokok dan mendorong penggunaan pangan lokal. “Melalui kegiatan ini, diharapkan pemerintah daerah tidak hanya terfokus pada peningkatan produksi beras, tetapi dibarengi pula dengan memasyarakatkan pengurangan konsumsi beras dan penganekaragaman dalam penggunaan pangan lokal, khususnya bagi anak sekolah dan ibu rumah tangga

Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj  Ririen Nadjmi Adhani menyampaikan bahwa selain dalam rangka menyambut Hari Jadi Kota Banjarbaru ke 18 tahun 2017 juga sebagai upaya agar ibu-ibu bisa lebih kreatif lagi untuk menyajikan menu-menu makanan yang beda terbuat dari bahan non beras.

Dengan lomba cipta menu ini, akan mengembangkan inovasi ibu-ibu untuk membuat bahan makanan yang asalnya bukan hanya dari beras, melainkan dari ubi-ubian, jagung dan sebagainya. Melalui lomba ini juga bisa meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi makanan beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA), mendorong dan meningkatkan kreasitivitas masyarakat dalam mengembangkan atau menciptakan menu B2SA berbasis sumber daya local. Serta lomba cipta menu non beras ini sangat membantu kaum ibu dalam meningkatkan daya kretivitas, membuat ragam menu bergizi dan seimbang untuk disajikan pada hidangan keluarga sehari-hari.

Pada kesempatan itu Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj  Ririen Nadjmi Adhani didampingi Wakil Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Eny Apriyati Darmawan Jaya, Ketua Gatriwara Kota Banjarbaru Hj Diyah Iwansyah saat menyerahkan hadiah kepada para pemenang pada Lomba Cipta Menu Pangan Lokal (Non Beras) Dalam Rangka Memperingati Hari Jadi Kota Banjarbaru ke 18 tahun 2017 di Kelurahan Kemuning Banjarbaru.